Laman

Selasa, 15 Maret 2011

Membuat Kamera dari Kaleng Potato Chips



Klik..klik…!!! Bagi kamu yang hobby potret memotret, pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang namanya kamera. Saat ini, perkembangan kamera sudah semakin canggih. Tidak seperti pada awal ditemukannya yang hanya berupa lensa sederhana. Kamu juga bisa loh membuat kamera. Yuk kita coba buat kamera sederhana.. Caranya mudah kok…

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

1. Kaleng kripik kentang yang kosong

2. Spidol

3. Penggaris

4. Pisau/cutter (minta tolog bantuan ibu, ayah atau kakakmu yang telah dewasa untuk memotong)

5. paku payung

6. Lem, aluminium foil, gunting, dan hari yang cerah

Yang harus kalian lakukan adalah:

  1. Lepaskan tutup plastik pada kaleng dan bersihkan bagian dalam kaleng (jangan buang tutup kalengnya!).
  2. Dengan menggunakan spidol, buat garis mengitari kaleng dengan jarak sekitar 5 cm dari dasar kaleng. Potong kaleng disepanjang garis yang telah kamu buat tadi sehingga kaleng terbelah menjadi dua bagian (minta tolong bantuan orang dewasa untuk melakukan ini).
  3. Pada bawah kaleng terdapat bagian yang terbuat dari metal. Dengan menggunakan paku payung, buat lubang tepat di tengah-tengah dasar kaleng yang terbuat dari metal tersebut.
  4. Tutup plastik kaleng yang sudah di lepas tadi akan digunakan sebagai layar. Jika tutup plastik kaleng yang kalian miliki berwarna cerah, kalian perlu menambahkan selembar kertas lilin, atau tissue, pada tutup plastik tersebut agar menyerupai layar yang tembus cahaya.
  5. Letakkan tutup plastik kaleng pada bagian kaleng yang lebih pendek. Dan letakkan kembali bagian kaleng yang lebih panjang di atasnya. Rekatkan semua bagian menggunakan lem.
  6. Agar cahaya tidak keluar dari kaleng, gunakan selembar alumunium foil yang panjangnya sekitar 30 cm. Rekatkan salah satu ujung alumunium foil pada kaleng. Lilitkan alumunium foil disekeliling kaleng sebanyak dua kali, kemudian rekatkan menggunakan lem/ solasi sisa ujung alumunium foil tersebut. Jika terdapat sisa alumunium foil pada bagian atas kaleng, yang perlu kalian lakukan adalah lipat sisa alumunium foil tersebut ke dalam kaleng dengan rapi.
  7. Pergilah keluar rumah pada hari yang cerah. Tutup satu matamu dan pegang kaleng pada matamu yang lain. Bagian dalam tabung sebisa mungkin harus gelap. Jadi jika kalengmu belum cukup gelap, tutup bagian kaleng yang terbuka menggunakan tanganmu.
  8. Perhatikan disekelilingmu melalui kaleng tersebut. Tutup plastik kaleng membentuk layar yang memungkinkan kalian dapat melihat gambar yang terjungkir balik.
  9. Dan…Wow…kamu telah berhasil membuat kamera! Kamera jenis ini disebut kamera obscura. Kamera obscura yang pertama kali dibuat berbentuk sebuah ruangan kecil yang sangat gelap dengan lubang kecil pada dinding yang dapat di lewati oleh setitik sinar matahari.

1 dan 2 3 4

5 6 7

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Bagaimana sebuah lubang di bagian bawah kaleng dapat membentuk gambar yang dapat kita lihat? Secara mendasar prinsip kerja kamera adalah menyimpan gambar dalam sebuah kotak tertutup yang disalah satu sisinya terdapat lubang kecil yang terkena sinar dari sebuah benda yang ada di depan lubang tersebut.

Nah, melalui lubang inilah sinar masuk dan membentuk pantulan cahaya. Hasil pantulan tersebut menciptakan proyeksi gambar kondisi di luar. Namun, gambar yang terbentuk akan terjungkir balik dari gambar aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar